Senin, 29 Desember 2008

CORETAN AKHIR TAHUN

Selamat tahun baru Islam 1430 Hijriah, selamat tahun baru Masehi 2009 dan selamat tahun baru Imlek 2560, semoga di tahun yang baru ini semua bisa berubah menjadi lebih baik. Tidak lagi jalan sendiri ditengah-tengah kegelapan tanpa petunjuk dan arah tujuan.

Mungkin kita pernah mendengarkan lagu-lagu lama yang membangkitkan kenangan, tapi tahun 2009 ini kita harus membuat suatu resolusi baru untuk berubah lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, tanpa melupakan kenangan-kenangan lama yang bisa menjadikan suatu guru dalam menjalani kehidupan yang tidak bisa kita ramalkan apa yang akan terjadi di masa depan.

Bila kita lihat memang tiada yang salah dengan apa yang telah terjadi di masa lampau, yang salah hanyalah sudut pandang kita. Kalau kita terus meratapi kenapa semua itu terjadi, kita tidak akan pernah bangkit dari keterpurukan itu, bukankah kita diciptakan untuk dapat berinteropeksi diri melihat sesuatu hal yang terjadi dari berbagai sudut pandang yang berbeda, sehingga bukan hanya penyesalan yang terus kita ratapi, karena tak seharusnya kegagalan di masa lampau menjadi jurang dalam menuju kesuksesan.

Mari kita sambut pagi di tahun yang baru ini dengan nyanyian riang. Melupakan semua sisa-sisa pesta tahun baru semalam. Hidup di pagi ini menanti untuk diisi dengan sesuatu yang pasti bukan lagi suatu kebimbangan.

Mestinya kita datang lebih pagi untuk melakukan suatu kebaikan, untuk memenangkan hati sang pemberi kesuksesan, janganlah pernah kau salahkan dirimu, karena Dia selalu lebih tau apa yang mestinya terjadi. Namun sayangnya waktu tak berpihak pada kita yang menyia-nyiakannya, tapi jangan pernah salahkan dirimu bila telat lebih dulu hadir.

Biarkanlah hayalan ku melambung jauh terbang tinggi, bersama bintang-bintang dan berharap datang sesuatu yang selama ini kita idam-idamkan, semoga ditahun ini tersampaikan kabar kesuksesan yang selama ini tertunda. Dimasa yang lalu kita hanya bisa berjanji untuk berubah dan berlaku serta berbuat lebih baik, namun di tahun ini kita harus jadi lebih baik.

Bila dilangit ada ‘bintang’ dan masih terdengar jeritan hati, bintang-bintang akan menangis, kenapa manusia yang cerdas ini hanya pasrah dalam keterpurukan. Kemanakan semangat untuk ‘menggapaiku’ yang awal tahun lalu di kumandangkan. Lalu kemanakah arti perayaan malam tahun baru di pantai itu, apakah kita hanya berdiri sendiri melawan sepi di hitam gelap malam, pantai yang biasanya ramai dan terang benderang oleh semarak kembang api di setiap penutupan akhir tahun. Haruskan kita ikut terkubur dalam sejuta kenangan dihempas sejuta gelombang dan tertimbun batu karang.

Kita mestinya bangkit walau dengan wajah putih pucat pasi tergores luka dihati. Hapuskan semua hayalan benarkan harapan, dan tetap optimis dalam memperjuangkan cita-cita yang kita gantung bersama bintang-bintang di langit.

RENUNGAN AKHIR TAHUN



Tahun 2008 apa saja yang telah aku lakukan, adakah hal-hal hebat yang aku lakukan ditahun yang sebentar lagi akan aku tinggalkan. Sedikit sekali hal yang bisa ku ingat, bahkan hampir sama sekali tidak ada satu pun yang dapat aku ingat hal-hal yang hebat yang pernah aku lakukan di tahun 2008 ini.

Lalu apakah tahun depan “2009” akan sama hal nya seperti tahun ini, aku juga tidak tahu, tapi mulai dari sekarang aku sudah membuat beberapa rencana untuk tahun 2009 nanti. Hal ini sedikit berbeda ketika menyambut tahun 2008 lalu yang nyaris tanpa rencana, semua berjalan seperti angin tanpa rencana dan tujuan.

Aku coba mengingat kembali hal-hal apa saja yang telah aku lakukan di tahun 2008, mungkin salah satunya yang masih ku ingat dan mungkin bukanlah suatu hal yang hebat, namun suatu kemajuan adalah ketika aku mengenal yang namanya blog dan aku bisa menggunakannya. Ya… awal Juli 2008 lalu aku mulai belajar ngeblog dan hasilnya sekarang aku sudah bisa menghasilkan sedikit rupiah dari blog-blog yang aku kelola.

Setelah sedikit berinteropeksi ternyata tidak banyak yang aku lakukan di tahun 2008 ini, apa yang aku kerjakan semua biasa-biasa saja, dari pagi sampai pagi lagi adalah kegiatan-kegiatan rutin yang biasa-biasa saja, mandi, makan, kerja, tidur bermain dengan keluarga dan sedikit hal-hal kecil lainnya yang bisa aku kerjakan, mungkin diantaranya bercocok tanam, merawat tanaman hias, dan sedikit berbudidaya tanaman dapur seperti cabe, tomat, dan ketimun.

Apa saja yang telah aku capai di tahun 2008 ?

Tidak ada ! mungkin dalam segi keuangan ada satu hal yang bisa saya capai, membayar kontrak rumah untuk satu tahun kedepan.

Lalu apa rencana di tahun 2009 ?

Mungkin sedikit narsis, namun ini adalah rencana-rencanaku di tahun 2009 diantaranya yaitu; punya rumah sendiri (biarpun kredit), membuatkan warung kecil-kecilan dirumah ku yang baru buat kegiatan istri dirumah setelah pulang ngajar, punya kendaraan sendiri, minimal sepeda motor (kredit juga gak pa’pa), kalau gak bisa juga sepeda ontel biasa juga lumayan buat ke tempat usaha yang hampir 9 tahun ini aku rintis.

Mudah-mudahan ditahun 2009 nanti semua jadi lebih baik, dan sesuai dengan rencana.


0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com